Rabu, 18 November 2009

Kiamat dan Perang Dunia

Anda pasti sudah nonton atau at least sudah mendengar a very bombing movie tittled 2012, bukan?
Saya juga sebenarnya sampai saat saya menulis blog ini belum nonton hehe tapi yaa udah lah ya, anda gak mau dengar basa-basi saya sebagai awalan masuk ke cerita ini kan? Yuk, kalo gitu kita mulai...Dari resensi film yang saya baca dibeberapa website ini adalah sedikit summary tentang film ini: 2012 adalah film yang ber-genre science fiction, menceritakan tentang benacana yang akan terjadi ditahun 2012 nanti. Film yang disutradarai oleh Ronald Emmerich ini dibintangi oleh John Cusack, Chiwetel Ejiofor, Amanda Peet, dan kawan-kawan lainnya. Film ini menceritakan ramalan suku Maya tentang fenomena 2012. Diceritakan tentang sekenario hari kiamat yang menyebabkan dunia dalam kekacauan, contohnya California jatuh ke laut Pasifik, erupsi kaldera Yellowstone national Park, Megatsunami di pesisir pantai seluruh dunia dan banjir diseluruh dunia, and so on and so on. Aduh, kok terlihatnya saya jadi sok tahu karena belum nonton tapi sudah menulis resensi, tapi saya menulis ini dari apa yang saya dapatkan di website wikipedia (silahkan klik dan baca sendiri).
Lalu dalam kehidupan sosial saya bersama teman-teman main dan teman-teman kampus muncul ketakutan akan 2012 yang sebenarnya akan (beneran) terjadi setelah nonton film tersebut. intinya seperti ini "eh gue takut deh, katanya 2012 mau kiamat"
Saya adalah orang yang pertama kali tertawa (walaupun dalam hati ciut juga, considering i haven't graduated yet, i haven't married yet, i haven't bal bla bla. 2012 as a domsday is just too soon!). Pembicaraan warung kopi ini terus berlanjut selama berhari-hari.


Lalu pagi ini saya mengikuti kelas Introduction of International Relations (Pengantar ilmu Hubungan Internasional--PIHI) dengan dosen favorit saya Mas Bonggas. Saya tidak akan membahas betapa clever and smart-ass -nya dosen ini seperti yang anda bayangkan, tapi saya akan membahas tentang sesuatu sebagai penyangkalan obrolan warung kopi saya dan teman-teman.

Dosen saya sedang membahas materi PIHI tentang System-Level of Analysis. Diceritakan dalam bab ini adalah tentang International System yang mempengaruhi kebijakan luar negeri yang dikeluarkan oleh suatu negara. So yeah, bla bla bla (disini isinya cuma penjelasan sub bab material dan dkk nya yang saya sendiri malas untuk menjelaskan kembali kepada anda dan saya yakin anda juga lumayan malas untuk membacanya--sort of unimportant things if you were not Int relations student).......... Dan sekarang kita sampai pada sub bab Power of Relationship. Sebelumnya dosen saya sudah pernah menjelaskan bahwa dalam sudut pandang Realisme, Power diartikan sebagai kunci untuk memahami sikap Internasional dan motivasi suatu negara (national interest). Power sendiri bisa dijabarkan dalam 3 hal yaitu Force + Influence + Authority. Jadi, bisa anda bayangkan negara-negara yang memiliki kriteria yang saya sebutkan tadi (secara lebih gampang negara tsb memiliki kekuatan militer dan ekonomi yang kuat, dan juga memiliki kapabilitas untuk mengatur powernya untuk kepentingan negaranya) disebut negara "great power". bisa anda sebutkan sendiri kan, negara-negara mana saja yang termasuk. iya, iya, Amerika, Inggris, Rusia, China,dan Perancis.
Lalu Power of Relationship, menentukan pada sistem dunia yang memiliki jumlah polar (negara yang memiliki "great power" dan pengikut) mengenai kecenderungan mereka untuk berperang. Semakin banyak polar, maka semakin besar kemungkinan perang. Dan Setiap negara-negara yang disebut "great power" memiliki military yang bukan cuma main-main. Troops, Navy, Soldiers, and dont forget our tiny friend Nuclear Atom.


Lalu, tahukah anda dalam sebuah atom nuklir (kalau anda nonton film Angels and Demons--sekecil itu lah atom nuklir,kira-kira sebiji cuil seiprit icrit) terdapat kekuatan 25kali lebih dahsyat daripada bom atom yang dijatuhkan Amerika di Nagasaki dan Hirosima Jepang????
Taukah anda Amerika memiliki sedikitnya 20.000 atom nuklir????
Rusia saat ini juga memiliki atom nuklir dengan jumlah yang hampir sama....
China juga memilikinya....
Korea Utara juga...
Pakistan tidak mau kalah...
India ikut-ikutan....

"Tidak usah menunggu 2012, kalau saat ini (saat anda membaca uraian yang sangat membingungkan dari blog saya ini) negara-negara tersebut memutuskan untuk perang dunia ke-3 dan meluncurkan semua rudal yang mereka miliki dengan atom nuklir disetiap mata rudalnya....Hari ini telah kiamat, teman-teman"

Semoga tidak ada lagi obrolan warung kopi di pojokan seperti itu. Semoga teman-teman saya akhirnya menganggukan kepala mereka (sambil ngelus-ngelus dagu) tanda mengerti dan setuju. Semoga saat anda membaca blog saya ini, anda mulai merasakan nikmatnya hidup tanpa ketakutan akan kiamat 2012. Siapa sih yang tau kapan kiamat dateng, bos?? Tuhan lagi sibuk bikin rencana, doi belum nge-email gue tuh. Santai, sooooobbb!!

Sekali lagi, mari kita ambil kopi dan membakar rokok untuk lebih memahami uraian saya ini :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar